Artikel Grand Tjokro Yogyakarta

image

Tips Redakan Mabuk Perjalanan

Melakukan perjalanan merupakan hal yang paling menyenangkan, apalagi jika perjalanan dalam rangka berlibur. Namun, bagaimana jika mabuk menghancurkan moment perjalanan anda? Pengalaman perjalanan yang seharusnya begitu berkesan justru menjadi hal yang menyiksa. Mabuk perjalanan bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Ada banyak faktor yang memicu mabuk perjalanan. Gerakan kendaraan (mobil, pesawat, kereta, kapal) selama perjalanan bisa menjadi salah satu penyebab mabuk perjalanan.

Ketika melakukan perjalanan laut, kerap kali badan, telinga dalam dan mata mengirimkan sinyal atau informasi yang berbeda pada otak. Hal ini mengakibatkan otak mengalami kekacauan dan stimulasi visual menjadi keliru. Misalnya saja ketika kita melihat barang seakan bergerak berayun-ayun padahal tidak. Ini merupakan penyebab mabuk laut yang paling sering terjadi. Sedangkan dalam perjalanan udara, koordinasi antara mata dan sistem vestibular di telinga dalam tidak berjalan beriringan dan seimbang ketika mengirimkan sinyal atau informasi ke otak merupakan penyebab mabuk udara. Hal yang serupa juga menjadi penyebab mabuk darat.

Agar perjalanan anda mulus tanpa gangguan mabuk kendaraan, kami akan memberikan tips cara ampuh atasi mabuk di perjalanan.

  1. Mengonsumsi obat anti mabuk sesaat sebelum melakukan perjalanan atau saat di perjalanan. Namun, jika anda akan mengemudi disarankan tidak mengonsumsi obat anti mabuk ini karena efek samping dari obat ini adalam mengantuk.
  2. Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum melakukan perjalanan.
  3. Jangan membaca buku atau bermain gawai ketika dalam perjalanan.
  4. Pilihlah tempat duduk yang membuat anda bisa leluasa melihat lurus ke depan.
  5. Jika anak anda yang sering mendapat keluhan mabuk perjalanan,selain melakukan hal-hal di atas, anda juga bisa melakukan beberapa hal lain agar anak-anak tidak mabuk darat, seperti memilih waktu perjalanan yang tepat. Memastikan sirkulasi di dalam kendaraan cukup baik dan tidak berbau menyengat.

Selain mabuk perjalanan, ada juga yang tidak kalah mengganggunya yaitu jet lag. Sering muncul pertanyaan, apakah jet lag sama dengan mabuk perjalanan? Untuk dapat menjawabnya, kita perlu mengetahui apa itu jet lag? Jet lag adalah mabuk pasca terbang atau penat terbang yang memengaruhi gangguan tidur berupa rasa kantuk pada siang hari dan sulit tidur pada malam hari. Efek jet lag ini terjadi karena tubuh memiliki jam biologis yang masih sama dengan zona waktu tempat sebelumnya. Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa jet lag tidak sama dengan mabuk perjalanan.

 

BOOK NOW!