Artikel Grand Tjokro Yogyakarta

image

Tampil Modis Dengan Sport Shoes

Sepatu sport menjadi pilihan banyak orang untuk menemani penampilan kasualnya. Selain terlihat modis, sepatu sport juga terasa nyaman di kaki untuk menemani aktivitas anda yang banyak bergerak. Tidak dipungkiri, gaya berbusana Korea Selatan tengah menjadi kiblat fashion saat ini. Salah satu ciri gaya penampilan Negeri Gingseng itu adalah memadukan sepatu sport dengan dress cantik atau rok. Berikut beberapa tips memilih sepatu yang benar dan cara perawatannya.

Setiap sepatu menggunakan bahan baku yang berbeda sesuai kegunaan dan jenis sepatu. Ada baiknya anda mengenal jenis-jenis material sepatu baik jenis pantofel, sneakers, dan sport, agar tidak salah dalam cara merawat sepatu sport kesayangan anda.

  1. Kulit hewan asli

Sepatu dengan bagan ini tidak boleh disimpan di tempat lembab karena bisa ditumbuhi jamur yang berupa bercak-bercak putih keabuan. Saat akan membersihkan sepatu dengan bahan kulit asli, anda bisa menggunakan kain yang diberi sedikit air. Hindari untuk menggosoknya terlalu kuat.

  1. Karet

Bahan sintetis yang satu ini biasanya digunakan untuk sepatu-sepatu kasual dan pantopel karena material ini dikenal kuat dan tahan air.

  1. Canvas

Material ini biasanya digunakan untuk sepatu sekolah dan sepatu lukis karena teksturnya yang ringan dan berserat.

  1. Denim

Material denim mirip dengan canvas dan memiliki tekstur tidak terlalu kasar dengan daya tahan kuat dan tahan lama. Bahan denim umumnya digunakan untuk sepatu jenis sneakers.

Jenis-jenis sepatu sport dapat dibedakan dari kegunaannya, seperti sepatu lari (running / training). Meski berjenis sepatu lari, tetapi sepatu ini diperuntukkan berlari dan olah raga ringan, tetapi tidak untuk lomba lari. Untuk lomba lari jangka panjang anda harus menggunakan jenis track shoes. Jenis sepatu racing flat biasa digunakan untuk perlombaan sejauh lebih dari 5km karena di-design lebih ramping dan ringan. Jenis sepatu sepakbola (football boots) memiliki ciri khusus pada bagian sol luar yang berbentuk grip paku. Meski olah raga sepak bola dan futsal hampir mirip, tetapi sepatu yang digunakan berbeda. Olah raga futsal memiliki jenis sepatunya sendiri yang menggabungkan antara design sepatu sepak bola dengan sepatu badminton.

Jenis sepatu fitnes dan yoga merupakan jenis sepatu yang sering ditemui di toko-toko sepatu olah raga. Sepatu jenis ini memiliki sol yang lunak dan lentur dengan bobot sepatu yang ringan. Meski berjenis sepatu tenis, sepatu sport yang satu ini tidak hanya diperuntukkan olah raga tenis saja, tetapi juga badminton, cricket dan squash. Jenis sepatu basket dirancang lebih besar, berat, dan sol keras untuk menyesuaikan dengan mobilitas olah raga basket. Jenis climbing shoes memiliki design pas di kaki dengan bagian atas terbuat dari kulit atau kulit sintetis. Untuk memudahkan tumpuan saat memanjat, sepatu jenis ini memiliki bagian sol yang terbuat dari karet

Tingginya minat pada sepatu olah raga tentu berdampak pada bisnis sepatu sport yang menguntungkan. Bahkan banyak bermunculan pebisnis sepatu sport yang menjajakan produk tiruan (KW) dari merek sepatu sport ternama seperti Nike, Adidas, Reebok dan Puma. Tidak sedikit produk KW yang memiliki kuaitas nyaris menyerupai produk aslinya. Tidak jarang pula pembeli terkecoh dan sulit membedakan antara sepatu original dan kw. Cara membedakan sepatu asli dan palsu adalah memperhatikan kualitas jahitan dan logo. Sepatu asli memiliki kualitas jahitan yang sangat rapi, simeteris dan nyaris sempurna karena melewati proses quality control. Cara mudah membedakan sepatu original dan KW berikutnya adalah dengan membandingkan harga. Jika harga sepatu sport yang ditawarkan berada jauh dari harga gerai atau website resmi sepatu tersebut. Periksa kotak dan label yang berada di kotak sepatu. Kota sepatu asli berbahan tebal lengkap dengan logo yang rapi dan label. Label pada kotak sepatu terdiri dari ukuran sepatu, material sepatu, warna, negara pembuatan, cara perawatan, barcode dan nomor SKU (stock keeping unit). dari nomor SKU anda juga bisa membedakan antara sepatu asli dan palsu karena nomor SKU yang tertera pada kotak harus sama dengan yang tertera pada label di sepatu.

Jika anda masih bingung dalam membedakan sepatu asli dan palsu, cara termudah lainnya agar anda tidak salah membeli sepatu adalah dengan membelinya di toko resmi, anda bisa mengunjungi toko Nike terdekat atau toko Adidas terdekat di kota anda.

 

BOOK NOW!