Artikel Grand Tjokro Yogyakarta

image

MENGENAL CAGAR BUDAYA HINGGA BANGUNAN HERITAGE DI YOGYAKARTA

Indonesia merupakan negara yang kaya, baik hasil bumi maupun destinasi wisata yang indah. Namun, selain kedua hal itu, Indonesia juga memiliki warisan budaya yang sangat banyak, misalnya saja warisan cagar budaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Cagar budaya di Indonesia dibagi menjadi lima kategori.

  1. BENDA CAGAR BUDAYA

Benda cagar budaya merupakan benda alami atau buatan manusia, baik yang bergerak maupun tidak bergerak. Benda cagar budaya memiliki hubungan erat dengan kebudayaan dan sejarah perkembangan manusia. Benda cagar budaya juga memiliki peranan penting bagi ilmu arkeologi dan antropologi.

  1. BANGUNAN CAGAR BUDAYA

Bangunan cagar budaya ialah susunan binaan yang berasal dari benda alam atau benda buatan manusia yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan ruang berdinding, ruang tidak berdinding, serta beratap.

  1. SITUS CAGAR BUDAYA

Situs cagar budaya adalah lokasi yang berada baik di darat, air serta darat dan air yang mengandung unsur benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, dan atau struktur cagar budaya sebagai hasil kegiatan manusia atau bukti kejadian pada masa lalu.

  1. STRUKTUR CAGAR BUDAYA

Strukrtur cagar budaya merupakan suatu susunan binaan yang terbuat dari benda-benda alam atau benda-benda buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ruang yang menyatu dengan alam, sarana dan prasarana menampug kebutuhan manusia.

  1. KAWASAN CAGAR BUDAYA

Kawasan cagar budaya adalah ruang geografis yang memiliki dua atau lebih situs cagar budaya dengan jarak yang berdekatan dan memperlihatkan ciri tata ruang yang khas.

Selain cagar budaya, kita juga mengenal istilah “bangunan heritage”. Apa itu bangunan heritage? Apakah bangunan heritage dan cagar budaya itu sama? Jika berbeda, apa perbedaan antara bangunan heritage dan cagar budaya?

Bangunan heritage adalah bangunan yang memiliki corak khas atas tradisi suatu budaya yang digunakan secara terus menerus dan dijadikan ciri khas. Selain itu, heritage juga berarti tradisi yang perlu dilestarikan, dijaga dan dirawat. Bangunan heritage memiliki arti bangunan yang dahulunya menjadi icon suatu kawasan lingkungan pemukiman. Bangunan heritage dapat berupa candi, bangunan tradisional, dan bangunan kolonial. Definisi heritage lainnya adalah warisan budaya.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki warisan cagar budaya dan bangunan heritage yang banyak. Berikut rekomendasi bangunan bersejarah di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi jika berlibur di Kota Gudeg.

MUSEUM SASMITALOKA

Kata Sasmitaloka sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti tempat pengingat. Museum ini dulunya adalah bekas kediaman dari Pak Dirman salah satu panggilan akrab pahlawan Jenderal Sudirman. Museum Sasmitaloka berisi semua peninggalan Pak Dirman selama tinggal di Yogyakarta dan masa perang gerilya. Untuk mengunjungi museum ini, anda hanya perlu mengisi buku tamu dan tanpa dipungut biaya masuk.

KAMPUNG PECINAN KETANDAN

Kampung Pecinan Ketandang yang memiliki nilai sejarah ini terletak di  Malioboro, sebelah utara Pasar Beringharjo. Kampung Pecinan ini menyimpan sejarah tentang kesuksesan para pedagang Tionghoa. Terdapat toko-toko yang menjadi bagaian dari sejarah tersebut, di antaranya toko roti Djoen dan toko Obat Bah Gemuk.

BENTENG VREDEBURG

Benteng Vredeburg merupakan loji tertua di Yogyakarta dari keseluruhan kompleks bangunan yang berada di titik nol kilometer Yogyakarta. Benteng ini dibangun pada tahu 1776 dan difungsikan untuk mengawasi gerak-gerik aktivitas keraton pada masa itu.

TAMAN SARI

Taman Sari merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, sebagai tempat peristirahatan bagi istri-istri dan selir-selir raja. Selain memiliki nilai sejarah, tempat ini juga banyak digunakan sebagai lokasi pengambilan film, video klip, iklan atau sekadar bersyafoto untuk sosial media.

MUSEUM SONOBUDOYO

Di museum ini, anda dapat melihat pertunjukan wayang kulit dengan menggunakan bahasa jawa, lengkap beserta iringan musik gamelan Jawa.

Untuk menambah suasana perjalanan bersejarah, anda juga dapat memilih tempat penginapan yang juga memiliki nilai sejarah maupun penginapan dengan nuansa heritage. Rekomendasi penginapan berkonsep heritage di Yogyakarta adalah Grand Tjokro Hotel Yogyakarta. Hotel yang terletak di pusat keramaian kota ini selain memiliki konsep yang unik, Grand Tjokro Yogyakarta juga merupakan pemenang hotel health care dari Kementerian Kesehatan RI.

BOOK NOW!