Serba-serbi Balikpapan | Grand Tjokro Balikpapan

Artikel Grand Tjokro Jakarta

image

Serba-serbi Balikpapan

SERBA-SERBI BALIKPAPAN

Balikpapan merupakan salah satu pintu gerbang Kalimantan dengan adanya Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang. Kota Balikpapan dengan tagline Kota Beriman ini juga punya julukan kota minyak atau Banua Patra. Suku asli Balikpapan adalah Suku Balik, selain itu juga terdapat suku asli Kalimantan di Balikpapan yaitu: Banjar, Kutai, Dayak, Paser, dan Tidung (Bakudapati). Namun seiring waktu, semakin banyak pendatang dari Jawa, Sulawesi, Sumatera, serta wilayah Indonesia lainnya.
 

Kota berpenduduk sekitar 700 ribu jiwa ini memiliki luas wilayah 503,3 km persegi dengan kontur yang berbukit-bukit. Kota ini adalah kota kedua terbesar di Kalimantan Timur setelah Samarinda. Wali Kota Balikpapan saat ini adalah H.M. Rizal Effendi, SE. dan telah menjabat sebagai wali kota 2 periode. Biar kamu makin kenal Balikpapan, kita simak apa saja serba-serbi kota Balikpapan berikut ini.

  1. Kota layak huni ke-3 di Indoensia setelah Solo & Palembang

Menelusuri jalanan kota ini kita akan melihat kota yang bersih dan rapi. Tak ada pengamen, pengemis, dan pedagang asongan/ koran di traffic light, maupun pedagang kaki lima di trotoar. Kota ini bahkan dinobatkan sebagai urutan ke 3 kota paling nyaman huni (Most Livable City Index) di Indonesia oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia dengan nilai kelayakan 65,8%. Para ahli ini menilai berdasarkan tempat ibadah, air bersih, pangan, fasilitas kesehatan, pendidikan, penataan PKL, juga transportasi.
Balikpapan bahkan pernah dinobatkan jadi Kota Paling Dicintai di Dunia versi World Wildlife Fund (WWF) mengalahkan 43 kota lain di dunia pada tahun 2015 lalu. 

  1. Pemandangan Pantai sepanjang Kota

Kota ini ada di pinggir Teluk Balikpapan. Menelusuri kota,  kita bisa menikmati pemadangan pantai dari balik gedung. Banyak hotel, mal, restoran dan bangunan yang menempel pantai sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung berbelanja, atau bersantai di pinggir pantai. Selain itu di Balikpapan banyak pantai dengan pemandangan yang menawan. Beberapa pantai populer seperti: Pantai Lamaru, Pantai Manggar Segara Sari, dan Pantai Kumala.View pantai menyejukkan mata dan bikin relaks. Cocok untuk wisata bareng keluarga dan teman-teman.

  1. Beruang madu sebagai maskot Kota Balikpapan

Beruang madu telah dilindungi di Indonesia sejak tahun 1973 namun karena perusakan habitat, kebakaran hutan, perdagangan dan perburuan liar populasi beruang madu semakin terancam. Gabriella Fredriksson, ahli biologi dari University of Amsterdam dalam penelitian di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain hanya menemukan 50-100 populasi beruang madu di alam liar. Hasil penelitiannya selama 5 tahun dari 1997-2002 kemudian dipaparkan kepada Wali Kota Balikpapan. Upayanya membuahkan hasil, beruang madu ditetapkan menjadi maskot kota Balikpapan yang diharapkan dapat meningkatkan perhatian dan upaya konservasi binatang lucu ini. Nah inilah beberapa informasi tentang kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

BOOK NOW!