Saung Angklung Udjo yang mendunia

Artikel Grand Tjokro Jakarta

image

Saung Angklung Udjo yang mendunia

Bandung. Salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia. Ibukota Jawa barat ini juga memiliki ikon yang sudah terkenal, gedung sate. Gedung sate saat ini digunakan sebagai gedung pemerintahan provinsi Jawa barat. Bandung juga terkenal akan budaya Sundanya. Salah satu khasnya adalah angklung.

Angklung merupakan alat musik multitonal atau kaya akan nada yang secara tradisional berkembang di pulau Jawa bagian Barat. Alat musik yang terbuat dari bambu ini dibunyikan dengan cara digoyangkan. Bunyi yang keluar disebabkan oleh benturan antar badan pipa bambu dengan nada yang berulang. Oleh karena itu, dalam sebuah ensambel, dibutuhkan setidaknya tiga pemain untuk menghasilkan melodi yang indah untuk didengar.

Sebenarnya kata Angklung sendiri berasal dari bahasa Bali, yaitu “angka” yang berarti nada, dan “lung” yang berarti putus. Dengan demikian, angklung bisa diartikan sebagai “nada yang terputus”.

Awal mula keberadaan angklung diperkirakan pada abad 12 hingga 16, di zaman Kerajaan Sunda di Nusantara. Saat itu, rakyat percaya bahwa dengan memainkan angklung, dapat menyenangkan Nyai Sri Pohaci, Dewi Kesuburan yang dipercaya oleh Kerajaan Sunda, dapat membuat tanah rakyat menjadi subur.

Seiring perkembangan zaman, kini angklung tidak hanya dimainkan oleh masyarakat Sunda sebagai persembahan untuk Nyai Sri Pohaci, tapi juga dimainkan di dalam sebuah ensambel atau orkestra. Angklung yang namanya sudah mendunia memiliki banyak pencapaian, salah satunya sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi oleh UNESCO pada November 2010. UNESCO pun menghimbau masyarakat Tanah Air untuk tidak melupakan dan senantiasa melestarikan karya dan warisan budayanya.

Di Bandung ada tempat yang jika anda ingin mengenal lebih jauh tentang angklung ini. Saung Angklung Udjo tepatnya.

Saung Angklung Udjo (SAU) adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati, dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur Jawa Barat Indonesia.

Dengan suasana tempat yang segar udaranya dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, dari kerajinan bambu dan interior bambu sampai alat musik bambu.

Disamping pertunjukan rutin setiap sore, Saung Angklung Udjo telah berkali-kali mengadakan pertunjukan khusus yang dilakukan pada pagi atau siang hari. Pertunjukkan tersebut tidak terbatas diadakan di lokasi Saung Angklung Udjo saja, tetapi berbagai undangan tampil di berbagai tempat baik di dalam maupun di luar negeri, pada bulan Agustus tahun 2000 di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Saung Angklung Udjo mengadakan konser kolaborasi dengan penyanyi cilik yang dijuluki Shirley Temple-nya Indonesia, yaitu Sherina.

Saung Angklung Udjo tidak terbatas pada hanya menjual seni pertunjukan saja, berbagai produk alat musik bambu tradisional (angklung, arumba, calung dan lainnya) dibuat dan dijual kepada para pengunjung.

Cukup dengan berwisata ilmu di Saung angklung Udjo saat yang tepat menikmati kenyamanan kemewahan hotel bintang empat yang ramah keluarga serta pelayanan terbaik di kelasnya. Hotel Grand Tjokro Bandung.

Grand Tjokro Bandung

Grand Tjokro Bandung beralamat di jalan Cihampelas Nomor 211-217 ini memiliki konsep ramah keluarga dibalut dengan nuansa modern serta kamar-kamar yang elegan. Hotel ini menawarkan kolam renang di atap, mom’s and kids spa, serta restoran. Anak-anak akan betah berlama-lama dihotel karena fasilitas di Grand Tjokro sangat ramah untuk anak. terdapat mini zoo dengan bermacam hewan, Platground khusus, dan boba land tempat selaga macam anak-anak bermain mulai dari memasak, memancing, bermain pasir dan masih banyak lagi.

Untuk ibu dan anak ingin kenyamanan lebih ibu dan anak bisa memilih spa yang didisain khusus untuk kenyamanan dan kemewahan. Serta tidak perlu khawatir akan makanan minuman, di restoran hotel ini menyediakan aneka makanan dan minuman, mulai dari western hingga asia. Kebutuhan kopi pun tersedia di hotel ini.

Nikmati pula fasilitas bisnis yang disedikan hotel, ruangan meeting yang tersedia sangat cocok, serta fasilitas tambahan tersedia demi menunjang bisnis.

Tidak perlu diragukan lagi menginap di Hotel Grand Tjokro. Fasilitas yang lengkap serta pelayanan terbaik dikelasnya menjadikan momen berlibur bersama keluarga menjadi menyenangkan. 

BOOK NOW!