MENJEJAKKAN KAKI DI DUNIA IBU

Artikel Grand Tjokro Jakarta

image

MENJEJAKKAN KAKI DI DUNIA IBU

Kehadiran buah hati merupakan anugerah terindah yang menjawab doa pasangan suami-istri, kehadirannya selalu dinanti-nanti terlebih oleh pasangan yang baru menikah. Sebagai wanita yang baru menjejakkan kaki menapaki perjalanan sebagai seorang ibu, pasti memiliki beragam pertanyaan seputar merawat bayi, salah satunya apakah bayi baru lahir perlu dimandikan, bagaimana cara memandikan bayi, apakah cara memandikan bayi perempuan dan laki-laki berbeda dan masih banyak pertanyaan lainnya seputar memandikan bayi.

Banyak pro kontra antara boleh memandikan bayi baru lahir dan tidak boleh memandikannya. Namun, dari hasil penelitian yang dilakukan WHO (World Health Organization), menyarankan agar memandikan bayi baru lahir setidaknya harus menunggu 12 hingga 24 jam setelah bayi dilahirkan. Hal ini dilakukan mengingat bayi yang baru lahir sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Perubahan suhu akibat memandikan bayi dapat memicu tubuhnya bekerja lebih keras untuk tetap hangat. Namun, jika tubuh bayi gagal melakukannya, ia bisa terkena hipotermia.

Lantas, apakah bayi perlu mandi? Ya, meskipun bayi baru lahir banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan dan terlindung dari lingkungan luar, tapi bayi lucu anda tetap butuh dimandikan. Hal yang perlu anda siapkan adalah memahami cara memandikan bayi dengan benar dan peralatan tepat untuk bayi baru lahir demi menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan saat memandikan bayi sehat anda.

Sebelum tali pusar bayi lepas, anda bisa membersihkan bayi menggunakan lap dan air hangat. Anda bisa meletakkan bayi tetap di tempat tidur beralaskan perlak anti air. Siapkan air hangat di dalam dua baskom, pastikan airnya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Pilih lap atau handuk kecil yang berbahan lembut mengingat kulit bayi sangat sensitif. Mulailah menyeka bayi anda dari bagian kepala sampai ke jemari kakinya. Pastikan anda tidak melewatkan bagian lipatan bayi. Gunakan satu baskom air hangat lainnya untuk membilas dengan cara menyekanya juga. Setelah selesai membersihkan bayi, keringkan tubuh bayi anda dengan handuk, pastikan bagian lipatan benar-benar kering untuk menghindari ruam di kulit bayi baru lahir. Ruam pada bayi dapat muncul bukan hanya karena tidak menyeka dengan baik tubuh bayi, tapi juga karena iklim di daerah tropis yang membuat bayi sering berkeringat.

Meski demikian, jika ruam terjadi, anda bisa menggunakam krim ruam khusus bayi atau krim diaper. Dikutip dari buku Mother’s Journey oleh Sarah Fransisca, kandungan krim diaper yang baik adalah yang mengandung bahan alami seperti ekstrak minyak zaitun untuk melindungi kulit bayi dari bakteri penyebab iritasi. Chamomile dan akstrak bunga matahari untuk mengurangi kemerahan pada kulit. Argan oil, shea butter dan ekstrak avokad untuk melembabkan kulit bayi.

Setelah pupus tali pusar, anda boleh memandikan bayi menggunakan bak mandi bayi, tetapi anda perlu behati-hati ketika memilih sabun mandi bayi agar tidak timbul alergi di kulit bayi yang sensitif. Hindari memasukkan tubuh bayi langsung ke dalam air agar bayi tidak menangis saat dimandikan akibat terkejut. Gendong bayi dengan telapak tangan berada di pinggang dan bokong bayi, sedangkan lengan atas anda menahan bagian leher belakang dan kepala bayi. Basuh perlahan bayi agar terbiasa dengan air, baru kemudian basahi tubuh bayi. Berhati-hati ketika anda mulai menyabuni karena tubuh bayi akan licin. Jangan lupa untuk membilas tubuh bayi anda.

Jika anda tengah menanti kehadiran buah hati, tidak ada salahnya untuk menyimak perkiraan daftar harga peralatan bayi dari kami :
 

1

Baju bayi

Rp 15.000 - Rp 20.000

pcs

Pilihlah baju berbahan katun yang mudah menyerap keringat

2

Celana bayi

Rp 16.000 - Rp 23.000

Pcs

Pilihlah baju berbahan katun yang mudah menyerap keringat

3

Sarung tangan

Rp 20.000 - Rp 30.000

set

Pilihlah sarung tangan dan kaki yang memiliki sirkulasi udara  agar tidak lembab

4

Selimut

Rp 65.000 - Rp 110.000

pcs

Pilihlah selimut yang berbahan aman dan nyaman untuk bayi

5

Sabun mandi

Rp 30.000 - Rp 45.000

Botol

Pilihlah sabun yang tidak mengandung ekstrak busa

6

Bak mandi

Rp 150.000 - Rp 250.000

pcs

Pilihlah ukuran bak mandi yang sesuai dengan ukuran kamar mandi anda

 

BOOK NOW!