Artikel Grand Tjokro Jakarta

image

Madu Obat Yang Dianjurkan Semua Kitab

Siapa, sih, yang tidak mengenal madu? Produk yang dihasilkan oleh hewan kecil berdengung bernama lebah ini memiliki rasa yang manis. Tidak heran kalau madu disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.  Tetapi, tahukah anda kalau kandungan dalam madu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan? Sudah banyak penelitian terkait manfaat madu bagi kesehatan, bahkan madu menjadi salah satu produk kesehatan yang dianjurkan oleh semua Kitab Suci karena menghasilkan propolis alami? Madu juga menjadi makanan yang rutin dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW.

Lebah merupakan mahkluk hidup yang keberadaannya memberikan manfaat lebah bagi kehidupan manusia. Bahkan lebah hewan yang tidak boleh punah, sebab jika lebah punah dan tidak ada lagi madu tentu akan berdampak besar, misalnya saja peran penting lebah pada ekosistem dunia. Koloni lebah adalah pelaku utama penyerbukan pada 70% tanaman pangan di dunia, sehingga jika lebah punah maka akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Itulah Itulah alasan kenapa lebah sangat penting dalam kehidupan.

Madu sering digunakan sebagai campuran air hangat, smoothies, jus dan sebagainya. Ada banyak jenis madu dari berbagai negara, tapi hanya beberapa yang menjadi madu terbaik di dunia, salah satunya adalah madu bunga heather yang banyak dijumpai di Skotlandia, madu beech honeydew yang berasal dari Selandia Baru, madu hymettus yang berasal dari Gunung Hymetus di Athena Yunani. Selain menjadi madu terbaik di dunia,  madu Sidr yang berasal dari Yaman dan Arab Saudi juga merupakan madu termahal di dunia yang sudah dikenal sejak 7000 tahun lalu karena dihasilkan dari lebah penghasil madu terbaik.

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan hasil ekosistem alam. Di Indonesia juga terdapat banyak pembudidayaan lebah dan madu. Ada beberapa jenis-jenis madu di Indonesia yang cukup populer seperti madu hutan Sumatera, madu hutan Sumbawa, madu kaliandra, madu pahit bangka, madu kopi, madu tawon gung, madu hutan timor, madu randu, madu kelengkeng, madu embun, madu klanceng dan madu bunga karet.

Madu yang beredar di pasaran pun beragam dengan banyak merek dagang. Tingginya permintaan atas kebutuhan madu, membuat madu palsu banyak beredar di pasaran. Namun, anda tidak perlu khawatir. Anda cukup memahami ciri-ciri madu asli dan ciri-ciri madu palsu agar tidak salah pilih.

  1. Saat disimpan, madu asli akan mengental dan mengkristal, sedangkan madu yang palsu tidak.
  2. Ketika dicampur dengan air, madu asli perlu diaduk agar dapat tercampur dengan baik. Sedangkan madu palsu akan larut dengan sendirinya.
  3. Madu asli tidak akan meresap ketika diteteskan ke atas tisu atau kertas. Sedangkan madu palsu sebaliknya.
  4. Ketika dipanaskan di dalam microwave selama kurang lebih satu menit, tekstur madu asli akan menjadi karamel. Sedangkan madu palsu justru akan mengeluarkan buih.
  5. Harga madu asli cenderung mahal karena dibuat murni oleh lebah tanpa campur tangan manusia.

BOOK NOW!