Artikel Grand Tjokro Jakarta

image

Lumpia Samijaya

Jalan Malioboro dikenal sebagai surganya belanja. Sentuhan nuansa klasik dengan kehadiran delman dan becak, bikin kawasan populer di Jogja ini makin dicintai wisatawan. Buat yang hobi kulineran, ada banyak ‘surga’ di sini. Salah satunya adalah Lumpia Samijaya.

Lumpia memang identik dengan Kota Semarang, namun di Jogja Anda bisa menjumpai lumpia lezat yang sudah berjualan sejak 40 tahun lalu. Lumpia Samijaya hadir dengan isi beda dibanding lumpia lainnya. Campuran daging ayam, bengkoang, atau telur puyuh menjamin gorengan satu ini penuh gizi dan nutrisi. Lumayan untuk mengganjal perut saat jalan-jalan di area Malioboro.

Kenapa Lumpia Samijaya dibilang Legendaris? Konon, Lumpia Samijaya ini sudah ada sejak tahun 1976 dan menjadi kuliner primadona bagi orang yang berkunjung ke Yogyakarta, terutama saat ke Malioboro. Tempat jualan lumpia Samijaya ini juga sangat sederhana, hanya dengan gerobak saja. Sebenarnya lumpia yang legendaris ini tidak memiliki nama resmi, seperti “Samijaya” penamaan ini lantaran tempat jualanya tepat didepan toko Sami Jaya. Selain itu banyak orang menyebutkan dengan nama Lumpia Mutiara, karena berada disamping Hotel “Mutira” yang ada di Malioboro.

Lumpia Samijaya memiliki ukuran yang unik, karena tidak terlalu panjang, namun padat berisi. Asiknya Lumpia Samijaya selalu disajikan saat masih panas, jadi jika ada pembeli barulah digoreng lumpianya. Untuk menikmati Lumpia di Jogja yang legendaris ini anda akan dapat 3 tambahan yakni cabe rawit, acar dan saus bawang putih. Nah hal inilah yang akan menambah sensasi lain makan lumpia di Malioboro Yogyakarta ini.

Untuk kisaran harga Lumpia Samijaya pun terbilang sangat murah mulai dari Rp. 4.000 – Rp. 4.500. Benar-benar harga yang sangat pas dikantong bukan? Namun ingat harus sabar mengantri, karena penikmat dari Lumpia Samijaya ini sangatlah banyak. Untuk informasi jam Buka Lumpia Samijaya ini biasanya mulai dari pukul 10.30-15.00 dan akan buka kembali pukul 16.30 sampai habis. 

BOOK NOW!