Artikel Grand Tjokro Jakarta

image

Indahnya Pulau Maratua

INDAHNYA PULAU MARATUA

Pulau Maratua, yang terletak di Kepulauan Derawan, di lepas pantai utara Kalimantan Timur, akhir-akhir ini semakin populer karena semakin banyak wisatawan mengunjungi pulau ini sejak penerbangan charter reguler telah dioperasikan dari Cina ke Tarakan di Kalimantan Utara. Dari sini wisatawan mengambil speedboat langsung ke pulau-pulau yang memukau ini. Di antara gugusan pulau di Derawan, pulau Maratua menonjol karena keindahannya yang tunggal.

Maratua adalah pulau tropis besar yang sebagian mengelilingi laguna besar di satu ujung dan dibatasi oleh dinding berbatu dan terumbu karang di ujung lainnya. Pulau raksasa berbentuk terbalik U ini mencakup sekitar 384 kilometer persegi pantai berpasir putih dan hutan bakau dan 3.735 km persegi perairan yang menurut para ilmuwan mengandung tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi ketiga di dunia setelah Raja Ampat dan Kepulauan Solomon.
Rantai Pulau Derawan mencakup pulau-pulau Derawan, Sangalaki, Maratua dan Kakaban, dan merupakan rumah bagi satu-satunya danau air asin di dunia serta salah satu situs bersarang penyu hijau terbesar di Indonesia. Pulau-pulau surga ini terletak di dalam Segitiga Karang dongeng, dengan semua kekayaan dan keindahan dalam lanskap bawah lautnya yang eksotis yang orang harapkan dari lokasi seperti itu. Lebih dari 20 titik penyelaman di seluruh pulau memungkinkan pengunjung kesempatan untuk membenamkan diri di tengah-tengah harta berlimpah yang terselip rapi di bawah perairan safir. Taman Maratua di bawah laut dengan bangga menunjukkan banyak terumbu karang berwarna-warni yang dihuni oleh berbagai macam spesies ikan, penyu hijau, pari manta dan kehidupan laut lainnya.

Lalu Lintas Penyu adalah salah satu tempat menyelam paling populer, dan sesuai namanya, dipenuhi dengan Penyu Hijau. Ratusan kura-kura sering mengunjungi bagian lautan ini, meluncur dengan anggun untuk mencari makanan. Pulau ini juga merupakan tempat bersarang di mana Penyu Hijau kembali setiap tahun untuk bertelur, sehingga mengakibatkan Maratua kadang-kadang disebut "Ibukota Penyu Indonesia". Negara Ikan Besar terletak di antara pulau Maratua dan Nabucco, tempat arus yang lebih kuat membawa ikan besar untuk bermain. Banyak makhluk pelagis seperti Manta Rays, Eagle Rays, Tuna dan Mackerel berkeliaran di saluran ini bersama dengan sekolah-sekolah Barracuda, Hiu Ujung Putih, dan bahkan kadang-kadang Hammerhead.

Tempat menyelam ini memiliki perairan yang dalam dan arus yang kuat, dan karenanya hanya diperuntukkan bagi penyelam tingkat lanjut. Setelah puas menjelajahi dunia di bawah ombak, lengkapi pengalaman Maratua Anda dengan berjalan-jalan di sekitar bagian pulau yang lebih padat. Kunjungi salah satu dari 4 desa Bajau dan ambil kesempatan untuk belajar tentang kehidupan orang-orang laut yang misterius ini. Ketika semua itu dilakukan, duduk dan bersantailah di pantai dan berjemur di bawah sinar matahari terbenam yang tenggelam di balik cakrawala.

BOOK NOW!