Yogyakarta Dan Keindahannya | Grand Tjokro Yogyakarta

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

Yogyakarta Dan Keindahannya

Pernahkan Anda membayarngkan berjalan-jalan dipesisir pantai atau menyusuri jalan sepetak yang diapit kanan kirinya oleh persawahan nan subur dan hijau?. Semua bayangan Anda bisa terwujud saat menginjakan kaki di Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar kempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung, Malang, dan Surakarta menurut jumlah penduduk

Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara kurun tahun 1575–1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram. Pada masa revolusi, Yogyakarta juga pernah menjadi ibu kota Indonesia antara tahun 1946 hingga 1950.

Kota Yogyakarta terletak di lembah tiga sungai, yaitu Sungai Winongo, Sungai Code (yang membelah kota dan kebudayaan menjadi dua), dan Sungai Gajahwong. Kota ini terletak pada jarak 600 KM dari Jakarta, 116 KM dari Semarang, dan 65 KM dari Surakarta, pada jalur persimpangan Bandung – Semarang – Surabaya – Pacitan. Kota ini memiliki ketinggian sekitar 112 m dpl.

Meski terletak di lembah, kota ini jarang mengalami banjir karena sistem drainase yang tertata rapi yang dibangun oleh pemerintah kolonial, ditambah dengan giatnya penambahan saluran air yang dikerjakan oleh Pemkot Yogyakarta.

Kota Yogyakarta telah terintegrasi dengan sejumlah kawasan di sekitarnya, sehingga batas-batas administrasi sudah tidak terlalu menonjol. Untuk menjaga keberlangsungan pengembangan kawasan ini, dibentuklah sekretariat bersama Kartamantul (Yogyakarta, Sleman, dan Bantul) yang mengurusi semua hal yang berkaitan dengan kawasan aglomerasi Yogyakarta dan daerah-daerah penyangga (Depok, Mlati, Gamping, Kasihan, Sewon, dan Banguntapan).

Jogjakarta juga sebuah Kota yang dikenal ramah backpacker. Konon tempat menginap paling murah di dunia itu ada di sini. Penginapan murah di Kota Jogja yang menyewakan kamar 50 ribu rupiah/malam sudah dilengkapi AC dan TV. Tempat makan dan sekaligus tempat bersantai yang merakyat juga mudah ditemukan di Yogyakarta, orang-orang menyebutnya angkringan.

Belum berhenti sampai disitu, Yogyakarta pun dikenal dengan Kota dengan banyak peninggalan tempat wisata bersejarah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Goa Pindul, & Tugu Jogja. Anda akan merasakan sentuhan historical yang sangat kental dengan tradisi yang terjaga. Jadi tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan Anda selanjutnya ke Yogyakarta.

BOOK NOW!