Wisata Kampung Atas Air Balikpapan | Grand Tjokro Balikpapan

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

Wisata Kampung Atas Air Balikpapan

Jalan-jalan ke kampong memang selalu mengasyikan. Hamparan sawah, kelokan serta gemericiknya aliran sungai akan tersaji inda di depan mata. Tapi berbeda jika kita belajan-jalan di Kampung Atas Air Margasari Balikpapan. Kampung yang pernah mengantarkan Balikpapan menerima penghargaan Inovasi Management Perkotaan (IMP) Award 2013 ini memang menjadi bukti keberhasilan Pemkot Balikpapan dalam menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertat rapid an lebih hijau.

Lokasi kampung ini ada dibelakang Unit Pengolahan V Pertamina. Disebut Kampung diatas Air dikarenakan perkampungan ini memang dibangun diatas air laut. Rumah-rumah berjejer diatas bangunan jembatan yang terbuat dari kayu ulin yang memanjang seluas 6.7 Hektar. Untuk sampai ke area ini Anda dapat menggunakan akses Jalan Sepaku Balikpapan Barat. Meskipun berada diatas air namun kampung ini tetap memiliki area ruang hijau yang menyejukkan

Tepat dibelakang kampung ini terdapat sebuah jembatan beton yang memanjang. Dari atas jembatan Anda dapat melihat areal konservasi mangrove dan obor kilang yang nyaris tak pernah padam. Jika sore datang biasanya anak-anak kecil mulai berenang disungai dengan riang gembira. Kesadaran akan lingkungan yang bersih dan nyaman warga di kampung ini pun patut diacungi jempol, hampir di manapun tidak ditemukan sampah yang dibuang sembarangan.

Biasanya kampung air akan lebih ramai jika malam, karena tak jauh dari jembatan beton ada lokasi wisata kuliner yang tertib berupa gazebo gazebo yang berderet rapi menjajakan makanan lezat khas Balikpapan. Meskipun areal nya tidak luas namun Kampung diatas air ini sungguh mempesona dan wajib hadir dalam bucket list perjalanan wisata Anda bila sedang berkunjung ke Balikpapan.

BOOK NOW!