Tampil Modis Dengan Barang Second Hand (Thrifting)

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

Tampil Modis Dengan Barang Second Hand (Thrifting)

TAMPIL MODIS DAN BRANDED DENGAN HASIL THRIFTING

Fenomena thrifting kian marak di sejumlah masyarakat. Thrifting sering disebut-sebut membantu ekologi karena mengurangi limbah textil. Namun, tidak jarang juga yang masih awam dengan istilah ini. Banyak yang berpikir bahwa thrifting adalah kegiatan jual-beli baju bekas. Padahal, masih ada berbagai  lainnya seperti barang antik, sepatu, dan sebagainya. Thrift merupakan kegiatan belanja dengan harga barang yang murah, tapi mendapat barang atau baju-baju bekas kualitas premium. Sedangkan thrifting adalah sekumpulan barang milik seseorang yang sudah tidak terpakai, kemudian barang tersebut dijual dan digunakan oleh orang lain.

Kegiatan thrifting pakaian banyak digemari muda-mudi pecinta fashion karena kegiatan ini menantang kreatifitas mereka tentang selera fashion. Mereka dituntut untuk dapat memadupadankan baju-baju hasil buruan mereka di pasar pakaian bekas, kemudian menyulapnya agar menjadi penampilan fashion unik dan keren. Selain itu, di toko preloved anda bisa menemukan barang-barang branded dengan harga sangat terjangkau.

 Ada banyaklokasi pasar baju bekas di kota-kota besar. Misalnya saja di Jakarta anda bisa mendatangi Pasar Kebayoran, Kawasan Senen, Pasar Atom dan Vintage vibe store. Di kota Bandung, anda bisa puas melakukan kegiatan thrifting di pasar lilin Astana Anyar, depan Masjid Pusdai (khusus hari Jumat), dan lokasi pasar baju bekas Gedebage. Pasar Cimol Gedebage ini sudah terkenal sejak dulu. Banyak Youtuber dan Selebgram yang sudah merasakan menjejakkan kaki di surganya thrifting ini. Pakaian yang dijajakkan juga dari merk-merk pakaian kenamaan seperti Polo Ralph Lauren, Zara, H&M, Uniqlo, Adidas, Fila, Nike, dan masih banyak lagi. Hal yang membuat Cimol Gedebage banyak diminati dan tidak pernah sepi pengunjung adalah harga pakaian bekas di Gedebage yang terbilang relatif murah. Bayangkan saja, untuk merek-merek yang tadi sudah disebutkan itu dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu.

 Jika anda berniat merasakan sensasi berbelanja di pasar baju bekas, ini tips memilih baju second atau preloved dari kami agar kegiatan thrifting aman dan nyaman :

  1. Ketelitian sangatlah penting ketika berbelanja di pasar baju bekas. Anda harus bisa melihat keadaan barang dengan baik karena tidak jarang ada kerusakan pada barang-barang bekas.
  2. Jangan sungkan untuk melakukan tawar-menawar harga untuk barang yang anda sukai. Sebagian besar barang di pasar baju bekas masih bisa ditawar.
  3. Berbelanja di saat jadwal mereka membuka stok baru. Kalau di Cimol Gedebage disebutnya buka bal atau buka karung. Anda bisa menemukan baju-baju terbaru yang mereka miliki pada pekan itu.

Berbelanja baju bekas tidak luput dari risiko noda pada baju yang anda beli dan kekhawatiran akan kebersihan pakaian. Namun, anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara membersihkan baju second yang bisa anda lakukan di rumah :

  1. Rendam pakaian ke dalam air panas, kemudian rendam sekali lagi menggunakan cairan antiseptik agar bakteri dan kuman yang terdapat pada pakaian mati.
  2. Gunakan cairan khusus penghilang noda.
  3. Hindari mencuci menggunakan mesin cuci. Cucilah secara manual atau pakai tangan. Jangan menyikatnya tertalu kuat.
  4. Saat mencuci jangan mencampur pakaian hasil thrift dengan pakaian lainnya.
  5. Gunakan pewangi pakaian untuk menghilangkan bau yang menempel pada baju akibat terlalu lama tertumpuk di thrift shop.

BOOK NOW!