SEPULUH RIBU RUPIAH BISA BIKIN MINUMAN A LA CAFE

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

SEPULUH RIBU RUPIAH BISA BIKIN MINUMAN A LA CAFE

Perpaduan tanggal tua dan saldo tinggal kenangan memang kerap menimbulkan BM (banyak mau) yang muncul tiba-tiba saja. Dari mulai godaan online shop, market place, sampai dengan kenikmatan makanan dan minuman yang muncul dan bertengger di kepala tanpa permisi. Ingin mewujudkan keBMan kita tapi uang di dompet tinggal barisan pahlawan Frans Kaisiepo. Eitss, jangan sedih dulu. Anda tetap bisa, loh, menikmati dengan bantuan selembar uang sepuluh ribu rupiah.

            Kopi dalgona yang berasal dari negeri gingseng belakangan ini tengah viral. Tak hanya rasanya saja yang nikmat, tapi juga teksturnya yang lembut dan lumer di mulut membuat minuman satu ini banyak digemari. Banyak versi yang menyebutkan asal muasal kopi dalgona ini, namun minuman ini menjadi sorotan ketika Jung II-Woo, aktor Korea Selatan megunjungi sebuah restauran di Macau. Di sana, ia mendapat sajian yang membuatnya teringat pada permen dalgona di Korea. Minuman yang berasal dari daerah Rajasthan, India ini kemudian ditampilkan pada acara televisi Stars Top Recipe at Fun-Stauran di KOrea Selatan. Sejak itulah peminat kopi dalgona kian melambung.

            Ada banyak cara membuat koi dalgona ini, dari mulai dengan teknik menggunakan mixer, dalgona blender, hingga membuat kopi dalgona tanpa mixer. Tidak hanya berhenti sampai dalgona coffee, kini minuman itu juga mengalami banyak versi modifikasi, yaitu dalgona cokelat, dalgoa matcha, dalgona milo, dalgona avocado coffee, dalgona coffee oreo dan dalgona brown sugar.

            Kali ini, mari manfaatkan recehan di saku anda untuk membuat minuman enak ini. Agar memudahkan anda, kami akan memberikan dua cara membuat kopi dalgona, baik dengan cara membuat kopi dalgona tanpa mixer, maupun dengan menggunakan mixer.

Hal pertama yang perlu anda lakukan tentunya menyiapkan bahan-bahan seperti : Kopi instan tanpa ampas (1 sachet harganya kurang lebih Rp 2.000), 125 ml susu (1 kotak susu 125ml berkisar kurang lebih Rp 6.000 - Rp 7.000), 2 sdm air panas, 2 sdm gula pasir.

  1. Resep dalgona dengan mixer :

            Masukkan kopi instan, gula pasir dan air panas ke dalam mixer, atur kecepatan mixer sedang selama 2 - 3 menit sampai bahan-bahan tadi menjadi krim. Sajikan dalgona di atas susu.

  1. Resep dalgona tanpa mixer :

Siapkan mangkuk, campurkan kopi instan, air panas dan gula pasir. Aduk semua bahan hingga mengembang dan teksturnya berubah menjadi krim. Ulangi mengaduk bahan dengan ritme lebih cepat selama dua menit. Tuangkan kopi dalgona ke atas susu yang sudah di siapkan di dalam gelas.

            Untuk mengetahui apakah tekstur dalgona sudah tepat, anda bisa membalikkan wadah dalgona, jika bahan anda tidak tumpah, maka dalgona sudah pada tekstur yang sempurna. Mudah dan murah, kan? Selamat mencoba.

BOOK NOW!