SEPAK TERJANG SANG MAUNG BANDUNG di PIALA MENPORA 2021

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

SEPAK TERJANG SANG MAUNG BANDUNG di PIALA MENPORA 2021

Maung Bandung memang layak menjadi kebanggan warga Bandung. Pasalnya, Persib Bandung kembali berhasil menorehkan prestadi dengan menyabet satu tiket menuju babak perempat final sebagai juara grup D Piala Menpora 2021, berkat kemenangannya 2-1 atas Persiraja Banda Aceh pada Jumat, 2 April 2021. Kini Bobotoh (julukan pendukung Persib) tengah dibuat harap-harap cemas menanti penampilan terbaik Persib pada pertandingan babak perempat finalnya pada 17 April mendatang.

Pertandingan Liga Indonesia kian sengit karena hanya menyisahkan satu tiket menuju babak perempat final di klasemen grup C. Enam tim sepak bola yang sudah dipastikan akan melenggang menuju babak semi final antara lain PSIS Semarang dan Barito Putera dari klasemen grup A, Persija Jakarta dan PSM Makassar dari klasemen grup B, Persib Bandung dan Bali United dari klasemen grup D, Persebaya Surabaya dari klasemen grup C. Satu tiket menuju babak berikutnya membuat pertandingan klasemen grup C berlangsung kian alot. Meski Persebaya Surabaya berhasil mengamankan posisi masuk ke babak perempat final dan berada di puncak klasemen grup C saat ini, nyatanya tim Bajul Ijo itu harus melawan PSS Sleman untuk lolos sebagai juara grup C. Delapan tim ini nantinya akan merebutkan gelar juara liga 2021.

Bagi anda pecinta sepak bola, berikut jadwal pertandingan babak perempat final Piala Menpora (Liga Indonesia) mendatang :

  1. 15 April 2021, 20:30 WIB, PSIS Semarang melawan PSM Makassar
  2. 16 April 2021, 20:30 WIB, Persija Jakarta melawan Barito Putera
  3. 17 April 2021, 20:30, Persib Bandung melawan Runner-up grup C
  4. 18 April 2021, 20:30, Juara grup C melawan Bali United

Liga Indonesia yang dibentuk tahun 2008 silam ini awalnya di sebut Indonesia Super League yang merupakan liga profesional level teratas dalam sistem liga sepak bola Indonesia, dengan 18 klub bola sebaga anggotanya. Era perserikatan adalah kompetisi sepak bola Tanah Air paling awal yang dibentuk pada tahun 1931, cikal bakal dari Liga Indonesia. Pada tahun 1979, terbentuklah Liga Sepak Bola Utama atau yang akrab disebut Galatama. Liga Indonesia lahir dari hasil peleburan antara Era Perserikatan dan Galatama.

Persib Bandung menjadi salah satu klub sepak bola dengan prestasi gemilang sepanjang perjalan Era Perserikatan, terbukti dengan menyabet lima kali gelar juara pada tahun 1937, 1961, 1986, 1990 dan 1994. Pada laga Liga Indonesia tahun 1994-1995, Persib menjadi klub sepak bola yang berhasil menjadi juara tanpa menggunakan pemain asing. Prestasi Persib terbilang stabil di persepakbolaan Indonesia baik di era Galatama maupun era Liga Indonesia saat ini.

Persib Bandung juga kerap dijuluki Pangeran Biru adalah Klub sepak bola terbesar di Jawa Barat yang sudah berdiri sejak 14 Maret 1933 dan terbentuk dari fusi antara Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB), diketuai oleh Anwar St. Pamoentjak. Persib berhasil menjadi perkumpulan sepak bola satu-satunya bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya setelah berhasil mengalahkan Voetbal Bond Bandung & Omstreken (VBBO) yang dimotori oleh orang-orang Belanda. Atas kemenangannya itu, VBBO menyerahkan lapangan UNI, lapangan SIDOLIG (yang kini menjadi Stadion Persib), dan lapangan SPARTA (kini menjadi Stadion Siliwangi). Kini Persib tidak hanya memiliki Stadion Persib dan Stadion Siliwangi saja. Hadirnya Stadion SI Jalak Harupat dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api menambah deretan sation gagah yang dimiliki oleh Persib.

Bicara tentang klub bola rasanya akan kurang jika tanpa membahas suporter fanatismenya. Fanatisme suporter juga memengaruhi citra sebuah tim guna mendongkrak minat sponsor. Selain itu, eksistensi suporter juga berdampak pada perekonomian, contohnya saja pembelian tiket pertandingan dan merchandise (jersey, kaus, aksesori dan lain sebagainya). sadar akan hal itu, persib kini menyediakan merchandise store bagi Bobotoh, para suporter setianya yang berlokasi di Graha PERSIB 3rd floor, Jalan Sulanjana no.17, Bandung.

BOOK NOW!