MOBIL KELUARGA TERBAIK DAN CARA PERAWATANNYA

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

MOBIL KELUARGA TERBAIK DAN CARA PERAWATANNYA

Pandemi sepertinya tidak menghentikan para pelaku bisnis otomotif untuk terus berinovasi. Persaingan di dunia otomotif masih sama ketatnya seperti sebelumnya meski puncak peringkat mobil termahal di dunia masih dirajai oleh mobil-mobil produksi Eropa seperti, Ferrari 250 GTO senilai $ 70.000.000 yang menempati peringkat pertama mobil termahal 2021, di posisi kedua ada Bugatti La Voiture Noire seharga $ 18.700.000, sedang di posisi ketiga di tempati oleh Pagani Zonda HP Barchetta seharga $ 17.600.000.

Otomotif dalam negeri pun memiliki persaingan yang tidak kalah ketatnya. Produsen kendaraan roda empat terus berinovasi dan berlomba-lomba meraih peringkat mobil terbaik 2021. Setidaknya ada 4 mobil keluarga terbaik yang tercatatat pada bulan Februari 2021 lalu. Jika anda berniat membeli kendaraan, simak daftrar harga mobil terkini dan cara merawat mobil dengan baik yang mungkin anda perlukan :

  1. Mitsubishi Xpander

Pihak Mitsubishi nampaknya tidak main-main kali ini, terbukti dengan pembaruan pada seri Xpander yang memiliki tampilan lebih modis, simpel tapi mewah. Kabin juga sudah dilengkapi dengan intergrated 2DIN audio maupun socket usb. Xpander menggunakan mesin berkubikasi 1.499 cc dilengkapi 4 silinder DOHC serta 16 katup secara keseluruhan. Sehingga mampu menghasilkan tenaga  maksimal dari mesin 104 PS maupun torsi puncak 141 Nm. Mobil ini dibandrol mulai dari harga Rp 237.900.000.

  1. Toyota Avanza

Avanza hadir dengan design interior kabin yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berkendara serta peningkatan sistem keselamatan. Avanza kini dilengkapi mesin berkubikasi 1.329 cc dengan 4 silinder dan 16 katup serta didukung teknologi dual VVT-i. Avanza mampu menghasilkan tenaga 96,5 PS dan torsi 120 Nm. Avanza dibanderol dengan harga mulai dari Rp 187.600.000.

  1. Toyota Rush

Toyota Rush tampil lebih elegan dengan facelift. Tidak sampai di situ saja, Toyota Rush hadir dilengkapi dengan teknologi mesin serta fitur kabin yang lebih modern. Selain itu, Rush juga dilengkapi dengan 6 buah SRS Airbags untuk tingkat keselamatan bagi penumpangnya. Bicara soal mesin, Rush sudah dilengkapi dengan mesin 1.496 cc, untuk tipe G M/T mampu menghasilkan tenaga 104 PS di 6.000 rpm maupun torsi puncak 136 Nm untuk 4.2000 rpm. Toyota Rush ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 240.500.000.

  1. Toyota Calya

Meski dibanderol dengan harga bersahabat di kantong, tetapi Toyota tidak main-main dalam melengkapi Calya. Terbukti dengan menghadirkan headunit touchscreen dan sentuhan unik pada bagian dashboard yang memberi kesan mewah. Calya dilengkapi dengan mesin berkubikasi 1.197cc dengan hasil tenaga 88 PS dan puncak torsi mencapai 107,8 Nm. Toyota Calya dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 146.190.000.

Bagi anda yang sudah berpengalaman mengendarai mobil pasti sudah paham cara perawatan mobil. Namun, bagi anda yang baru kali ini berurusan dengan mobil atau baru akan membeli mobil, sering kali muncul pertanyaan, apakah mobil perlu service tiap bulan? Atau bagaimana, sih, perawatan mobil itu? Berikut tips merawat mobil yang perlu anda ketahui :

  1. Oli/ pelumas

Hal yang paling penting ialah rutin mengganti oli/ pelumas. Rata-rata penggantian oli dilakukan pada 5.000-10.000 km jarak tempuh.

  1. Air Radiator

Air radiator juga menunjang performa mobil, jangan sampai habis atau kotor. Oleh sebab itu anda perlu rutin mengganti air radiator.

  1. Rem dan Kopling

Rem dan kopling harus diperiksakan setiap 10.000-50.000 km demi keselamatan anda. Perhatikan ampas kopling yang sudah aus karena akan berpengaruh ketika anda memindahkan gigi.

  1. Aki

Periksa aki agar airnya tetap pada level yang seharusnya atau mengukur tegangan aki dengan menggunakan voltmeter.

  1. Ban

Selain rem dan kampas rem, anda juga perlu memeriksakan  tekanan pada ban untuk keselamatan. Minimal dilakukan dua bulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh

  1. Service rutin

Pada buku service biasanya tertulis jadwal service rutin kendaraan, jangan melewatkan jadwal service rutin demi keselamatan saat berkendara dan performa kendaraan. Anda bisa melakukan service rutin di bengkel terdekat, tetapi akan lebih baik jika melakukannya di bengkel resmi.

BOOK NOW!