Menyusun Pernikahan Dengan Mandiri

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

Mewujudkan Pesta Pernikahan Impian Tanpa Wedding Organizer

MEWUJUDKAN PESTA PERNIKAHAN IMPIAN TANPA WEDDING ORGANIZER

Pernikahan merupakan moment bahagia sekaligus sakral yang tidak akan terulang lagi. Wajar saja jika calon mempelai menginginkan pernikahannya menjadi hari yang paling istimewa dan tidak terlupakan. Saat ini, sudah banyak penyedia jasa event organizer dan wedding organizer yang mampu mewujudkan pernikahan impian anda. Ketika anda menggunakan jasa wedding organizer, anda tidak akan terlalu banyak dipusingkan soal mengurus ini dan itu untuk hari bahagia anda dan pasangan. Anda juga tidak perlu berkeliling mencari vendor, mengumpulkan brochure, membandingkan harga antara satu vendor dengan vendor lainnya. Melalui jasa wedding organizer, anda hanya perlu mengutarakan konsep pernikahan yang anda inginkan, kemudian tim wedding organizer (WO) yang akan mengumpulkan beberapa vendor pernikahan yang sesuai dengan tema anda. Setelah itu, pihak WO akan memberikan beberpa profile vendor beserta portofolionya untuk anda pilih.

Namun, bukan berarti anda tidak dapat mewujudkan pernikahan impian tanpa bantuan wedding organizer. Hanya saja, anda perlu melakukan banyak hal dan memastikan tidak ada yang terlewat agar acara istimewa anda dapat berjalan dengan lancar. Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika memutuskan terjun langsung menangani persiapan pernikahan adalah membuat daftar persiapan pernikahan. Dalam daftar ini anda perlu mencantumkan semacam to do list atau ceklist pekerjaan yang harus anda selesaikan. Daftar ini juga berguna agar tidak ada yang terlewatkan. Selain itu, dengan mengatur pernikahan sendiri, anda juga bisa menghemat biaya dan menyesuaikan pengeluaran dengan budget yang anda miliki. Namun, dibutuhkan ketelitian dan komitmen agar semua berjalan sesuai rencana dan budget awal anda.

Bagilah daftar persiapan rencana pernikahan berdasarkan bulan. Mulailah dengan daftar persiapan 12 bulan sebelum acara pernikahan. Pada daftar bulan 12 sebelum pernikahan, masukkan pekerjaan seperti menyiapkan folder untuk menyimpan brosur, kartu nama dan lainnya dari vendor-vendor yang sudah anda temui. Tips memilih vendor pernikahan adalah pilihlah vendor yang sudah berpengalaman dengan, pilihlah vendor yang mudah diajak berkomunikasi dan memahami keinginan anda dan pasangan, jangan lupa untuk melakukan survei dan memeriksa hasil kerja vendor tersebut dan testimoni dari klien-klien yang pernah ditanganinya. Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan dalam mempersiapkan pernikahan adalah membuat anggaran biaya pernikahan dan diskusikan hal ini dengan pasangan anda. Mulailah mencari dan meminta brosur sebanyak-banyaknnya dari berbagai vendor. Hal ini berguna sebagai perbandingan harga dan pelayanan vendor tersebut. Buatlah rencana daftar tamu yang akan anda dan pasangan undang ke acara bahagia kalian nanti. Mencari trend tema pernikahan 2021, kemudian mendiskusikan dengan pasangan sebelum memutuskannya bersama-sama. Tema ini juga yang akan menentukan venue seperti apa yang perlu anda pesan (di dalam atau luar ruangan), dekorasi, hingga konsep hidangan (buffet atau gala dinner). Anda juga perlu mencari referensi tempat pernikaha. Apakah anda akan menyewa hotel atau gedung bisa menjadi pertimbangan anda saat mencari vendor tempat pernikahan .

Pada bulan ke 11 dan 10 menuju hari pernikahan, masukkan pekerjaan seperti memilih secara keseluruhan tema warna dan konsep design yang anda inginkan. Tentukanlah venue pernikahan anda. Memilih fotografer dan videografer pernikahan yang akan anda gunakan untuk pre-wedding dan di hari sakral anda nantinya. Mencari ide gaun pengantin (baik membuat ataupun menyewa). jika anda mengundang kerabat dari luar kota, mulailah memesan kamar hotel untuk kerabat anda. Dalam memilih penginapan, pertimbangkan jarak hotel dengan tempat acara pernikahan anda. Semakin dekat dengan tempat acara akan semakin baik. Pada bulan ke 10 mulailah mencari design kartu undangan beserta vendornya.

Di bulan ke 9 dan 8, masukkan ke dalam daftar persiapan anda pekerjaan seperti menentukan vendor perias pengantin. Tips memilih MUA untuk acara penting anda adalah melihat akun sosial media vendor-vendor perias pengantin. Lihatlah hasil riasan pengantin MUA tersebut, milihlah yang paling sesuai dengan keinginan anda. Selain itu minta juga daftar harga rias pengantin dan paket rias pengantin yang mereka miliki. Biasanya, perias pengantin memiliki paket lengkap yang meliputi rias pengantin, pakaian pengantin, rias dan baju kedua orang tua mempelai, rias dan baju pagar ayu dan pagar bagus, serta riasan wajah untuk pre-wedding.

Pada bulan ke 9 ini ada baiknya anda sudah menentukan vendor rias pengantin terlebih jika anda memutuskan untuk menyewa atau membuat gaun baru di MUA tersebut. Sebab, anda perlu setidaknya tiga kali fitting gaun pengantin. Setelah menentukan fotografer dan perias pengantin, anda bisa melakukan pengambilan gambar (pre-wedding) untuk dekorasi di venue pernikahan dan undangan anda nanti. Memasuki bulan ke 8, buatlah daftar siapa yang akan menjadi pengiring pengantin pria dan wanita jika anda berniat untuk menggunakannya.

Memasuki bulan ke 7 dan 6 anda sudah harus memesan barang-barang yang akan disewa, misalnya saja kursi (jika anda memutuskan menyewa gedung atau di rumah), tenda dan vendor lightting. Selain itu, mulailah mencari informasi dan mengumpulkan dokumen untuk administrasi pernikahan anda. Pada bulan ke 5 dan 4, mulailah mencari, memilih serta menyewa kendaraan pengantin. Dalam hal ini anda bisa menyesuaikan kendaraan yang akan disewa dengan konsep pernikahan anda. Jika anda berencana pergi berbulan madu, maka mulailah untuk merencanakan acara bulan madu anda. Hal yang perlu anda masukkan dalam perencanaan bulan madu adalah anggaran, waktu, dan destinasi. Di akhir bulan ke lima, mulailah untuk mengikuti konseling pranikah untuk menambah kesiapan mental dalam menghadapi kehidupan berumahtangga nantinya. Pada bulan ke empat, anda bisa melakukan tes riasan pengantin dari perias pengantin yang sudah anda tentukan.

3 bulan sebelum acara pernikahan, anda perlu menentukan vendor kartu undangan, menentukan design dan mencetaknya. Pada bulan ini, anda juga perlu menentukan souvenir pernikahan. Dalam menentukan souvenir, anda bisa mempertimbangkan untuk menyesuaikan souvenir dengan konsep pernikahan anda. Sedikit tips memilih souvenir pengantin adalah pilihlah barang yang dapat digunakan oleh tamu anda dan juga unik, misalnya saja sendok dan garpu kayu. Peralatan makan dari kayu selain sedang trend (eco green), juga terlihat klasik.

2 bulan sebelum acara pernikahan anda harus melengkapi kelengkapan dokumen pernikahan untuk mengurus dokumen di Kantor Urusan Agama. 1 bulan sebelum acara besar anda, mulailah melunasi pembayaran (atau sesuai kesepakatan), memeriksa ulang daftar perencanaan pernikahan untuk memastikan tidak ada yang anda lewatkan. Terakhir, lakukanlah perawatan diri agar anda terlihat menawan di hari pernikahan.

Jika anda berada di kota Yogyakarta, kami memiliki beberapa rekomendasi venue pernikahan di Yogyakarta :

Wisma Djoglo

Venue ini terletak di jalan Laksda Adisutjipto KM 6. Wisma Djoglo merupakan salah satu tempat pernikahan yang strategis di Yogyakarta. Selain itu, Wisma Djoglo menawarkan venue pernikahan outdoor yang cukup luas dengan kapasitas tamu sekitar 500 undangan.

Sumberwatu Heritage

Jika anda memilih konsep pernikahan yang klasik, tidak ada salahnya untuk memilih venue pernikahan yang juga bertema klasik. Sumberwatu Heritage menawarkan tempat pernikahan berkonsep nuansa khas budaya Yogyakarta yang kental.

Queen of The South Beach Resort

Jika anda ingin menggelar acara pernikahan bertema beach party, anda harus memasukkan Queen of The South Beach Resort dalam daftar vendor  pernikahan anda. Venue pernikahan dengan pemandangan pantai yang indah menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Keindahan pantai Selatan yang ditawarkan Queen of The South Beach Resort juga tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai bali, loh.

Grand Tjokro Yogyakarta

Jika anda memilih mengusung konsep pernikahan indoor, anda bisa memasukkan Grand Tjokro Yogyakarta ke dalam daftar anda. Selain memiliki ruang pertemuan berkapasitas besar, ruangan yang nyaman dan bersih, hidangan yang lezat, lokasi strategis, staf yang ramah dan siap melayani kebutuhan anda selama menginap dan melangsungkan acara, hotel ini pun menawarkan 5 paket  pernikahan Grand Tjokro Yogyakarta yang bisa anda pilih.

  1. Akad package mulai dari Rp 100.000,- nett/ orang dengan minimal pemesanan 50 orang.
  2. Intimate Package Rp 9.900.000,- nett untuk pemesanan 30 orang.
  3. Mutiara Wedding Package mulai dari Rp 16.500.000,- nett untuk 100 orang.
  4. Eternity Wedding Package Rp 24.900.000,- nett untuk pemesanan 100 orang.
  5. Diamond Wedding Package Rp 49.500.000,- nett untuk minimal 300 orang.

BOOK NOW!