Erawan Falls

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

ADA “ERAWAN FALLS” DI DLINGO BANTUL- AIR TERJUN LEPO

Wisata Dlingo ternyata tidak hanya menyimpan keindahan hutan pinus dan bukit-bukit selfie saja. Nyatanya disini kamu bisa menemukan kesegaran dengan bermain air terjun di Air Terjun Lepo Dlingo Kecamatan Bantul. Air terjun Lepo memang tak hanya memiliki satu kolam alami untuk berenang dan bermain air.

Sekilas Lepo sangat mirip dengan Erawan Falls di Erawan National Park, Thailand. Dengan kolam air terjun mengalir di balik hutan, Air Terjun Lepo juga memiliki penampakan demikian. Belum lagi warna air juga mirip-mirip biru kehijauan. Disinipun belum banyak orang, jadi kamu bisa menikmati wisata air imogiri ini sepuas mungkin. Ada 4 tingkat kolam alami yang dihubungkan oleh 3 air terjun di tempat wisata yang mulai dikembangkan tahun 2013 ini. Masing-masing kolam alami memiliki kedalaman yang beragam. Kolam pertama yang kami lihat ketika sampai tempat wisata ini kedalamannya mencapai 2 meter. Di kolam inilah remaja maupun orang dewasa biasanya berenang.

Ada kolam paling luas dengan kedalaman hanya sebatas pinggang orang dewasa, sehingga lebih aman jika anak-anak bermain air di kolam ini. Meskipun tak jarang anak-anak memilih berenang di kolam pertama. Kolam kedua ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang tersusun eksotis. Sebuah titian batu dan selokan kecil menambah kecantikannya. Ceruk batu di salah satu sisi kolam menjadi spot terbaik menikmati air terjun di tingkat ini. Tampak beberapa remaja asyik memanfaatkan ceruk batu ini untuk ber-groufie. Sedangkan sebagian lainnya lebih memilih bermain air di dekat air terjun.

Tingkat ketiga adalah kolam yang paling dangkal, hingga bagian dasarnya yang tertutup endapan kapur pun terlihat dari permukaan air. Bagian yang menarik di kolam ketiga adalah tebing-tebing batu di sekitar air terjun yang berbentuk balok, seolah sengaja dipotong oleh tangan-tangan manusia. Air Terjun Lepo sudah banyak warung-warung makan sederhana yang menyajikan beragam menu. Selain warung-warung makan, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan kamar mandi, aula sederhana serta persewaan pelampung dan tikar. Serunya, untuk menikmati kecantikan Air Terjun Lepo, kita hanya perlu memberikan retribusi seikhlasnya serta tetap menjaga kebersihan dan keindahannya.

Air terjun Lepo Dlingo buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Dengan waktu cukup luang kamu bisa santai kemari. Akan sangat menyenangkan sehabis panas-panasan di Hutan Pinus lalu kamu menikmati penghujung hari disini. Harga tiket Air Terjun Lepo sebesari Rp 5.000. Murah kan? Kamu juga bisa sekalian mampir ke wisata air terjun lain yang cukup dekat yaitu Air terjun Randusari dan Air Terjun Sri Gethuk. Sementara itu jangan lupa, selain harga tiket masuk air terjun lepo kamu harus membayar parkir Rp. 3000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil.

BOOK NOW!