DIET ASYIK DAN MENGENYANGKAN

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

DIET ASYIK DAN MENGENYANGKAN

Memiliki tbuh ideal merupakan impian hampir setiap orang. Diet merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Namun, tidak sedikit pula yang melakukan kesalahan dalam diet. Diet adalah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Diet juga dapat diartikan sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Sayangnya, tidak sedikit yang salah persepsi mengenai diet, misalnya : diet untuk menurunkan berat badan atau diet ketat. Sebenarnya, dalam dunia medis, diet juga sering digunakan tidak hanya untuk penderita obesitas saja. Seseorang yang menderita diabetes pun dianjurkan melakukan diet untuk menjaga kadar gula dalam darah. Pun ketika anda melakukan kalori defisit (mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dikeluarkan tubuh) yang ekstrim.

Ketika kita melakukan diet tubuh tetap membutuhkan asupan makanan, jangan sampai anda melewatkan waktu sarapan atau makan malam. Jadi, jangan melewatkan waktu makan anda ya. Diet bukan berarti tidak makan, tapi mengganti asupan makanan anda. Kesalahan yang sering terjadi dalam hal asupan makanan adalah hanya makan sayuran. Sayur memang sangat dianjurkan ketika kita menjalankan program diet, tapi tidak berarti kita hanya mengonsumsi sayuran saja (diet sayuran). Padahal, tubuh kita tetap membutuhkan karbohidrat, protein dan lemak baik.

Diet sehat yang benar adalah tidak membiarkan tubuh kelaparan, mengurangi bukan menghilangkan garam dan gula (karena garam dan gula memiliki peran yang penting untuk tubuh kita), banyak minum air putih, rutin berolah raga, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Ada beberapa metode atau cara diet dengan benar yang dapat anda coba :

  1. Diet keto

Metode diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan mengurangi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak. Peningkatan jumlah asupan lemak dalam diet ini bertujuan agar tubuh mencapai kondisi ketosis (tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utama dan mengubah lemak menjadi ketok di organ hati). Namun, diet ini masih menjadi kontroversial karena jika dilakukan dengan tidak tepat akan berdampak pada kesehatan. Meski demikian, beberapa studi menunjukan bahwa diet keto aman dan juga efektif.

Selain dapat menurunkan berat badan, diet keto juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, mengontrol epilepsi, mengurangsi risiko penyakit jantung dan mengurangi permasalahan jerawat.

  1. Diet mayo

            Metode diet ini dilakukan dengan cara membatasi asupan karbohidrat dan garam. Pada diet mayo, anda akan diajak untuk mengubah pola makan yang buruk, misalnya : mengonsumsi makanan berlemak, asupan manis dan lain sebagainya. Pada diet ini anda akan dianjurkan mengonsumsi makanan sehat, 4 porsi sayur dan 3 porsi buah per hari.

Diet mayo memiliki piramida makanan yang menjadi acuan saat menjalankan metode ini, semakin menempati puncak, maka semakin sedikit asupan makanan tersebut. Pada bagian paling bawah piramida di tempati oleh sayur dan buah. Peringkat kedua adalah karbohidrat, kemudian daging, susu, serta lemak. Pada bagian puncak piramida di tempati oleh makanan manis.

Manfaat lain dari diet mayo adalah membentuk gaya hidup sehat, mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sleep apnea (gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti).

Makanan organik yang bebas bahan kimia, tapi mengandung vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan dalam jumlah besar bisa menjadi pilihan anda ketika menjalani diet. Dikutip dari Organic.org, kandungan gizi dalam makanan organik sebesar 27% lebih banyak vitamin C, 21,1% lebih banyak zat besi, 29,3% lebih banyak magnesium, 13,6% lebih banyak fosfor dan 18% lebih banyak polyphenol. Meski demikian, harga makanan organik dibanrol lebih tinggi dari makanan konvensional. Hal itu di sebabkan metode perawatannya yang khusus.

 Beberapa contoh makanan organik yang bisa anda masukkan ke dalam daftar makanan diet anda, di antaranya : Quinoa (sereal yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan), kurma, gandum, kacang-kacangan, chia seed dan cacao nibs (biji kakao atau biji cokelat).

JIka anda berminat untuk memasukkan makanan organik ke dalam menu diet, saat ini sudah banyak swalayan yang menyediakan makanan organik. Namun, jika anda ingin berbelanja di toko khusus makanan organik, anda bisa mengunjungi toko makanan organik di Bandung yang berada di jalan Cimanuk, CItarum, kecamatan Bandung Wetan, Toko Organic nama tempatnya.

BOOK NOW!