DEMAM KPOP di DUNIA

Artikel Grand Tjokro Premiere

image

DEMAM KPOP DI DUNIA

Meski ada saja yang masih memandang sebelah mata pada musik Kpop, nyatanya Kpop (Korean Pop) terbukti mampu menunjukan prestasinya di kanca musik internasional. Tak tanggung-tanggung,  mulai dari berkolaborasi dengan penyanyi papan atas internasional seperti Lady Gaga, Selena Gomez, Charlie puth, Lauv, dan masih banyak lagi. Hingga merajai tangga lagu bergengsi Amerika Serikat (Billboard) dan masuk ke dalam nominasi bergengsi seperti Grammy Awards dan BRIT Award.

            Nama-nama seperti BTS (Bangtan Boys), Blackpink, Twice, GOT7, Day6, ITZY, Exo, Super Junior, NCT, Red Velvet, Ikon, Treasure, TXT dan Drippin Kpop  sudah tak asing lagi di telinga kita. Mereka berada di bawah naungan agency Kpop terkaya di Korea Selatan seperti Big Hit Entertainment, JYP Entertainment, SM Entertainment, YG Entertainment dan SM Entertainment. Indonesia merupakan pasar terbesar bagi industri kreatif Korea, hal itu di sebabkan tingginya animo Kpop maupun Drama Korea di Indonesia.

            Salah satu girl band yang mendapat sorotan publik baru-baru ini ialah Secret Number di bawah asuhan Vine Entertainment. Hal ini dikarenakan salah satu anggota grup idol itu berasal dari Indonesia, Dita Karang, wanita berdarah Bali dan Yogyakarta itu bergabung dalam girl band Secret Number pada 19 Mei 2020 silam. Dita menambah deretan tiga nama orang Indonesia lainnya yang bergabung dengan Kpop, seperti Mavin Z-Boys, Loudi 14u dan Vanya Z-Girls.

            Jika anda penggemar Kpop, berikut jadwal grup band Kpop yang akan comeback pada bulan April 2021 :

  1. BTS, 2 April, Film Out
  2. SEVENTEEN Hoshi, 2 April, Spider
  3. BLACKPINK Rose, 5 April, Gone
  4. RED VELVET Wendy (Solo Debut), 5 April, Like Water, When This Rain Stops
  5. ASTRO, 5 April, One
  6. EXO Chanyeol, 6 April, Tomorrow
  7. STAYC, 8 April, ASAP
  8. SHINee, 12 April, Atlantis
  9. Kang Daniel, 13 April, Antidote
  10. DONGKIZ, 15 April, 4th Single Album “Youniverse”
  11. DAY6, 19 April, You Make Me
  12. ITZY, 30 April, Guess Who

            Keberhasilan para grup band ini tentunya tidak lepas dari pengaruh para penggemarnya (fandom). Dibandingkan penggemar selebritas lainnya, penggemar Kpop ini terkenal sangat loyal, kuat, dan memiliki solidaritas yang tinggi sesama penggemarnya. Setiap grup band memiliki nama untuk fandomnya masing-masing. Bukan nama sembarang, setiap nama fandom memiliki makna khusus. Kim Namjoon (RM) BTS yang juga mendapat predikat Best Leader ini pernah menyampaikan makna dari nama fandomnya, Army yang berarti Adorable Representative M.C for Youth. Selain Army - BTS, ada pula fandom lain, seperti : Blink untuk penggemar Blackpink, Reveluv untuk penggemar Red Velvet, EXO-L untuk penggemar EXO, NCTzen untuk penggemar NCT, dan Ikonic untuk penggemar Ikon.   

            Melalui Korean Wave (budaya pop Korea Selatan seperti Kpop dan Kdrama), industri hiburan menjadi salah satu sumber devisa terbesar di Korea Selatan. Hal itu didapat dari hasil penjualan merchandise Kpop seperti light stick, album, photocard, postcard, poster, photobook, boneka, dan lain sebagainya. Selain merchandise, penjualan tiket fan meeting dan tiket konser juga menjadi pemasukan terbesar. Jadi, Kpop tidak hanya tentang karya seninya saja, tapi juga perannya dalam meningkatkan perekonomian negara, loh.

BOOK NOW!